Pengertian Puisi Secara Umum

Pengertian Puisi Secara Umum. Mengenai puisi, pasti sudah mengenal dari kita masih anak-anak, dan tidak diragukan lagi pengetahuan tentang puisi, namun banyak juga yang belum mengetahui apa itu puisi? Ciri-Ciri Puisi Secara Umum dan Jenis-Jenis Puisi. Kali ini akan membahas tentang pengertian puisi agar dapat memnambah wawasan tentang pengertian puisi, berikut ini pengertian puisi :

Pengertian Puisi

Puisi merupakan salah satu ragam karya sastra yang terikat dengan irama, ritma, rima, bait, larik dan ditandai dengan bahasa yang padat. Puisi juga merupakan seni tertulis yang mana menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya atau keindahanya. Puisi dibedakan menjadi dua yakni puisi lama & puisi baru. 

Puisi lama ialah puisi yang terikat dengan aturan-aturan tertentu. Aturan-aturan tersebut antara lain : Jumlah kata dalam satu baris; jumlah baris dalam satu bait; rima (persajakan ); banyaknya suku kata dalam setiap baris; dan irama.

Puisi baru ialah puisi yang tidak terikat oleh aturan-aturan sehingga lebih bebas bentuknya daripada puisi lama, baik dalam segi jumlah suku kata, baris, ataupun sajaknya.

Selain Pengertian Puisi juga ada ciri-ciri puisi dan jenis puisi secara umum, baca juga :

Demikian Tentang Pengertian Puisi Secara Umum semoga dapat menambah pengetahuan anda.